Fungsi utama dari sistem fender karet adalah
untuk mencegah kapal dan dermaga dari kerusakan yang timbul selama proses
merapatnya kapal dan sewaktu kapal bersandar. Gaya eksternal, seperti abrasi
dan faktor alam lainnya, sangat mungkin terjadi saat kapal merapat. Hal ini
dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kapal dan struktur dermaga jika tidak
ada sistem yang menjadi penengah. Karena dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk
memperbaiki kapal dan struktur dermaga, diciptakanlah bantalan karet yang
dipasang pada sisi dermaga yang disebut fender atau marine fender.
Fender dirancang untuk menyerap energi yang
dihempaskan dari kapal (sering disebut energy absoption) sehingga hanya
sedikit saja energy yang diterima oleh dermaga. Gaya pantul dari energi yang
diserap ini dikeluarkan kembali dari fender dan disebut reaction force.
Oleh karena itu, jumlah energi yang diserap and gaya reaksi yang diberikan
menjadi kriteria utama yang dipertimbangkan dalam merancang fender.
Ada berbagai tipe fender yang biasa digunakan
sebagai bantalan dermaga, misalnya: fender cylindrical, tipe V, A, dan M, super
cell, super cone, tugboat fender, dsb. Oleh karena itu, untuk memilih tipe
fender yang tepat, ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan, di
antaranya adalah jenis dan berat (dimensi) kapal yang merapat, jenis pelabuhan,
keadaan lingkungan laut, dan ada tidaknya bimbingan saat kapal merapat.
1. Dimensi kapal yang merapat
Jenis dan berat kapal atau dimensi kapal menjadi
faktor signifikan dalam memilih jenis fender karena mempengaruhi tidak hanya
jenis fender, tetapi juga besar fender yang harus dipasang. Semakin besar kapal
yang akan merapat, semakin besar pula fender yang dibutuhkan untuk melindungi
dinding dermaga. Umumnya, fender yang dilengkapi dengan frontal frame
menjadi pilihan yang tepat karena memiliki luas permukaan kontak yang besar.
Dari segi ekonomis, fender tipe V banyak dipilih. Akan tetapi, untuk hasil yang
lebih maksimal, fender super cell dan super cone adalah pilihan yang tepat.
Untuk pelabuhan yang hanya terbuka untuk kapal kecil dan sedang, fender tipe A,
V, cylindrical, M, dan LMD sudah cukup untuk melindungi dinding dermaga.
2. Jenis pelabuhan
Jenis pelabuhan memegang peranan yang tak kalah
penting dalam menentukan jenis fender apa yang digunakan. Berdasarkan posisi
atau lokasi dermaga, struktur dermaga yang kerap digunakan antara lain,
terminal dolphin, monopile, jetty, quay wall, dll. Untuk dermaga tipe
dolphin, tempat kapal bersandar berupa “dolphin” yang berbentuk tiang pancang.
Fender tipe super cell biasanya dipilih untuk tipe dermaga dolphin. Lain dengan
jetty terminal yang berupa dermaga apung yang umumnya digunakan untuk kapal
penumpang. Dermaga dengan sistem jetty ini tidak membutuhkan konstruksi yang
kuat karena fisiknya yang terapung. Dermaga quay wall adalah dermaga yang
strukturnya terbuat dari tembok beton yang sejajar dengan pantai. Dermaga ini
tidak bisa disandari oleh kapal besar karena lokasinya yang dekat sekali dengan
bibir pantai, sehingga dapat terbilang kedalamannya dangkal.
3. Keadaan lingkungan laut
Keadaan lingkungan laut seperti pasang surut air
laut, kekuatan angin yang juga berdampak pada besar kecilnya ombak menjadi
faktor penentu berikutnya dalam pemilihan sistem fender. Jika pasang surut air
laut yang tinggi terjadi pada satu pelabuhan, maka fender yang panjang menjadi
pilihan yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar pada saat air surut, kapal
terkecil yang akan merapat ke dermaga masih bisa bersandar. Oleh karena itu,
posisi pemasangan vertikal dipilih. Sama halnya dengan keadaan laut yang
berombak yang disebabkan oleh angin kencang, air laut akan bergerak naik dan
turun. Hal ini membuat kapal bergoncang dan membentur dinding dermaga. Jika struktur
kapal tidak dilengkapi dengan pisang-pisangan, fender tipe super cell dan
supercone yang dilengkapi dengan frontal frame yang panjang dapat digunakan.
Tetapi apabila kapal yang banyak merapat adalah kapal yang dilengkapi dengan
pisang-pisangan, fender tipe V yang berukuran panjang dapat digunakan dengan
posisi vertikal.
4. Keberadaan bimbingan saat kapal
merapat
Keberadaan bimbingan dengan menggunakan tugboat
saat kapal merapat merupakan salah satu faktor yang krusial dalam menetukan
jenis fender yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan kecepatan kapal dan sudut
sisi kapal bisa diatur saat mendekati dermaga.
Jenis-jenis fender ada banyak, diantaranya:
A. Ditinjau dari merk:
- Sumitomo
- Shibata
- Bridgestone
- Fentek
- Dll.
B. Ditinjau dari segi type:
- Pi-Type
- Beta-Type
- Lamda-Type
- V-type
- Beta-F & Lambda-F
- Fender Special for Corner
- Hollow cylindrical & D-Type
- Pneumatic Fender
- Cell
- Dll.
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^