Jenis-jenis Logam Monel

Monel adalah Jenis logam yang mengandung jumlah nikel yang sangat tinggi. Berbagai industri menggunakannya dalam berbagai aplikasi. Selain itu, paduan monel dapat menahan korosi dan dapat menahan suhu yang sangat tinggi. Ada beberapa Jenis logam Monel, antara lain:
Monel Alloy 400
Monel 400 terdiri dari setidaknya 63 persen nikel, tembaga 28-34 persen dan jumlah yang lebih kecil dari bahan ringan, termasuk besi, silikon dan karbon. Jenis paduan adalah larutan padat-yang mengeras ketika mengalami suhu dingin. Beberapa kegunaan paduan monel 400 meliputi teknik kelautan, pompa, pengencang, komponen elektronik dan penukar panas. Jenis logam
ini tersedia dalam sheet, strip, flat bar, round bar, forging stock, pipe wire and hexagon

Monel Alloy 401
Produsen dalam industri elektronik dan listrik menggunakan monel paduan logam 401. Logam ini
terdiri dari 40 sampai 45 persen nikel, mangan 2,25 persen dan memiliki bahan ringan dengan jumlah yang lebih kecil seperti kobalt, sulfur dan tembaga. Logam paduan 401 Monel adalah material yang paling baik untuk me-las. Logam khusus membuat 401 paduan monel sebagai kawat. Namun, perusahaan dapat membuatnya dalam bentuk lain sesuai permintaan.

Monel Alloy 404
Logam paduan 404 Monel
terbuat dari sedikitnya 52 sampai 57 persen nikel, besi 0,50 persen dan memiliki berbagai bahan campuran lainnya, termasuk aluminium, sulfur dan silikon. Jenis logam ini tersedia dalam round bar, sheet dan wire. Beberapa produsen memilih untuk memproduksi Monel 404 untuk aplikasi listrik dan elektronik.

Monel Alloy R-405
Paduan Monel R-405 adalah versi turunan dari paduan 400. Paduan R-405 logam terdiri dari 63 persen nikel, tembaga 28 persen, 0,025-0,060 persen jumlah yang lebih kecil sulfur dan lainnya dari bahan-bahan ringan. Sulfur dalam logam menawarkan inklusi sulfida yang membantu chip mesin logam lebih mudah. Produk ini Monel tersedia dalam bentuk heksagon, bar bulat dan kawat. Beberapa aplikasi untuk paduan monel R-405 termasuk sekrup-mesin produk dan pengencang.

Monel Alloy K-500
Paduan Monel K-500 adalah paduan nikel-tembaga dengan titanium dan aluminium yang membuat paduan terkuat dari
logam Monel. Paduan ini memiliki setidaknya 63 persen nikel, tembaga 27 persen, 2,30-3,15 persen aluminium, titanium 0,35-0,85 persen dan jumlah yang lebih kecil bahan lainnya. Beberapa aplikasi umum untuk paduan monel K-500 termasuk pisau dokter, bagian pompa, jasa kelautan dan lift keselamatan. Selain itu, paduan monel K-500 tersedia dalam berbagai bentuk seperti sheets, tubes, round bars, strips, flat bars and hexagons.

4 comments:

  1. izin share artikelnya ya gan, cocok buat makalah ane tentang produk ukm bogor jawa barat

    ReplyDelete
  2. terimakasih pak semoga kita bisa bekerja sama dengan perusahaan saya yang bergerak dalam bidang stainless

    ReplyDelete
  3. mau tanya pak monel itu nama lain dari stainless atau beda ya pak?
    kami memakai material stainless dlam pembuatan Tiang Antrian Stainless dan Standing Poster

    terimakasih

    ReplyDelete