Well Head Control Panel

Adalah sangat umum di Perusahaan Minyak dan Gas untuk mengontrol minyak atau gas melalui Well Head Control Panel (biasanya disebut WHCP). Setiap Well selalu dilengkapi dengan SCSSV (Surface Controlled Sub-surface Safety Valves) atau biasa disebut Down Hole Valve (DHV)dan SSV (Surface Safety Valves) yang terdiri dari Master Valve (MV) dan Wing Valve (WV).

SCSSV pada umumnya adalah On-Off Valve dengan Hydraulic Actuator. Sementara SSV dapat digerakkan oleh Hydraulic Actuator atau Pneumatic Actuator tergantung pada tingkat tekanan. Hal ini dibutuhan untuk membuka atau menutup SCSSV dan SSV secara berurutan dan mengakomodasi Sinyal Emergency Shutdown dari sistem.

Jadi apa itu WHCP dan komponen-komponen apa saja yang terdapat didalamnya? Saya mencoba untuk menjelaskan sistem cara kerja dan aplikasi WHCP pada umumnya.

Sistem WHCP biasanya terdiri dari Hydraulic Reservoir , Strainer, Hydraulic Pump, Accumulator, Wellhead Control Module, dan Hydraulic Line yang men-supply dan kembali ke Modul Control Wellhead Control Module. Setiap bagian lain kecuali wellhead control module diklasifikasikan ke dalam kabinet dasar.
Setiap Modul Control dibangun didedikasikan hanya untuk satu sumur saja. Oleh karena itu jika ada 5 sumur dalam wellhead platform, maka akan ada 1 Kabinet dan 5 Well Head Control Panel diperlukan.

Bagian pertama dari WHCP adalah Hydraulic Reservoir. Reservoir ini berisi cairan Hydraulic
dalam jumlah yang cukup untuk mengoperasikan setiap Wellhead Control Panel. Ukuran reservoir menentukan melalui estimasi cairan hidrolik yang diperlukan untuk mengoperasikan masing-masing Actuator, kemungkinan kebocoran, jarak dari Well, dan tambahan faktor keselamatan. Biasanya Hydraulic Reservoir adalah atmospheric tank dengan sebuah ventilasi flame arrester.

Dari penjelasan umum ini kita dapat menyimpulkan bahwa Well Head Control Panel (WHCP) adalah Sistem hidrolik yang menggunakan power pack hydraulic dan Well Head Control Module untuk mengendalikan Output dari Well. WHCP adalah Pasokan Hydraulic bertekanan tinggi dan menengah untuk mengoperasikan SCSSV dan SSV. WHCP juga merupakan sebuah interface antara system keselamatan SCSSV, sistem SSV dan Plant Control

No comments:

Post a Comment