Cara Upload File dengan FileZilla FTP

Proses mentransfer file dari komputer Anda ke situs web Anda sering disebut sebagai "upload" file. Untuk web hosting yang mendukung FTP, atau File Transfer Protocol, Anda membutuhkan sebuah program yang disebut "FTP client" untuk mentransfer file.
Anda dapat menemukan daftar klien FTP gratis 

Tutorial ini hanya berkaitan dengan bagaimana Anda dapat mentransfer file ke server web Anda menggunakan klien FTP yang dikenal sebagai FileZilla. Versi untuk Windows, Linux dan Mac OS X yang tersedia. Saya akan menjelaskan versi Windows dari program ini, tetapi jika Anda menggunakan sistem operasi lain, kemungkinan besar bahwa itu akan bekerja sangat mirip.

Download dan Instal filezilla

Pertama, pergi ke halaman download filezilla dan mendapatkan versi yang sesuai untuk sistem Anda. Untuk Windows, mendapatkan versi Setup; pada saat saya menulis ini, itu adalah satu berlabel "(dianjurkan)" di bawah bagian Windows.

Setelah Anda telah men-download program ini, Anda harus menginstalnya. Pergi ke desktop Anda dan DoubleClick file yang baru saja Anda download. Ikuti petunjuk untuk menginstal ke hard disk Anda.

Langkah Pertama

Sebelum Anda dapat meng-upload file ke situs Anda, Anda juga akan membutuhkan beberapa informasi dari host web Anda. Secara khusus, Anda akan perlu mencari tahu berikut:

  •  Nama server FTP untuk website Anda. Misalnya, host Anda mungkin mengatakan  kepada Anda bahwa Anda adalah FTP hostname "ftp.example.com".
  •  Pengguna id atau login nama pengguna untuk account FTP Anda.
  •  Password untuk akun FTP Anda. 
  • Direktori di mana Anda perlu menempatkan file Anda sehingga mereka dapat  dilihat oleh web browser mengunjungi situs Anda. Misalnya, host Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk menempatkan file-file di dalam subdirektori bernama "www" atau "public_html" atau bahkan direktori default yang Anda lihat ketika Anda login ke situs FTP Anda.

Jika host web Anda memberitahu Anda bahwa Anda tidak memiliki akses FTP, Anda tidak dapat menggunakan tutorial ini. Anda akan harus menggunakan metode apapun web host telah ditunjuk bagi Anda untuk meng-upload file Anda.

Langkah-langkah untuk Meng-upload File ke Server Web Anda

Untuk tujuan dari tutorial ini, saya akan berasumsi bahwa Anda ingin meng-upload sebuah file yang bernama "feedback.php". Setiap kali Anda melihat "feedback.php" disebutkan, Anda dapat mengganti nama itu dengan nama file yang Anda benar-benar ingin meng-upload. FileZilla tidak membatasi Anda untuk meng-upload file hanya nama itu. Anda dapat meng-upload gambar (misalnya, GIF, JPG, PNG, dll), HTML file, klip video, file musik (MP3 file misalnya, file WAV, file MIDI), script Perl, skrip PHP, dan sebagainya. Bagi yang penasaran: Saya menggunakan "feedback.php" sebagai contoh file karena panduan ini pada awalnya ditulis untuk membantu mereka yang menggunakan Umpan balik gratis saya Form Wizard untuk meng-upload bentuk yang dihasilkan ke situs Web mereka.

  1. Klik menu "File" diikuti oleh item "Site Manager" pada menu itu. Sebuah kotak dialog akan muncul.
  2. Klik "New Site" tombol pada kotak dialog. Hal ini menciptakan sebuah item baru di bawah "Situs FTP saya" "situs FTP baru" yang disebut. Ubah nama "New situs FTP" dengan nama situs Anda jika Anda inginkan. Secara default, kursor keyboard yang akan ditempatkan di bagian nama "situs FTP Baru" yang memungkinkan Anda untuk mengubah nama segera. Jika Anda kehilangan kursor karena Anda tidak sengaja mengklik di tempat lain di kotak dialog, Anda bisa mendapatkannya kembali hanya dengan mengklik sekali pada nama. Perhatikan bahwa nama ini dapat menjadi apa pun yang Anda inginkan - tidak diperlukan untuk mengakses situs Anda. Namun, Anda mungkin akan membuat hidup Anda lebih mudah jika Anda mengubah nama itu dari situs Anda daripada "situs baru FTP" samar.
  3. Di bawah tab "General", masukkan nama server FTP Anda di kotak "Host" masukan. Misalnya, jika host web Anda memberitahu Anda bahwa Anda adalah FTP hostname "ftp.example.com", masukkan "ftp.example.com" ke tempat yang disediakan.
  4. Biarkan "Port" dan "ServerType" kotak masuk saja. Gunakan mouse Anda dan pilih "Normal" dari drop down box untuk "Logontype". Ini akan memungkinkan "Pengguna" dan "Password" kotak untuk langkah berikutnya.
  5. Masukkan user id Anda atau nama login Anda (atau apa pun web host Anda menyebutnya) ke dalam kotak "Pengguna" masukan. Demikian juga, masukkan password Anda ke dalam kotak "Password" masukan. Perhatikan bahwa informasi ini akan disimpan secara otomatis ke komputer Anda dan akan digunakan kembali pada saat Anda menjalankan filezilla, sehingga Anda tidak perlu memasukkan kembali mereka lagi. (Ini juga berarti bahwa Anda tidak harus menggunakan FileZilla dengan cara ini pada komputer yang lain mungkin memiliki akses ke, seperti yang ditemukan di sebuah kafe internet atau perpustakaan umum.)
  6. Klik "Connect" tombol. FileZilla akan melanjutkan untuk login Anda ke server Anda. Jika berhasil, Anda akan melihat daftar direktori dari account website Anda di sisi kanan jendela FileZilla. Sisi kiri jendela filezilla menampilkan direktori dan file di komputer Anda sendiri.
  7. Jika host web Anda memberitahu Anda untuk hanya meng-upload di sebuah subdirektori tertentu pada server web, seperti di direktori "public_html" "www" atau, mengubah ke direktori tersebut dengan klik dua kali namanya di bagian folder dari panel jendela kanan (yang "Remote Site" window pane). FileZilla akan membuka folder itu dan menunjukkan isinya di bagian file dari kaca jendela Remote Site.
  8. Selanjutnya, cari file yang ingin Anda upload di panel jendela kiri ("Situs Lokal" pane). Kedua jendela panel berperilaku sebagian besar seperti jendela Windows Explorer, sehingga menavigasi mereka tidak boleh terlalu keras. Setelah Anda telah menemukan file yang ingin Anda upload, mengatakan "feedback.php", DoubleClick untuk meng-upload ke website Anda. Atau, Anda dapat menyeret file itu dari kaca jendela kiri ke panel jendela kanan. File akan di-upload ke folder yang sedang terbuka pada panel jendela kanan, jadi pastikan Anda telah berubah ke direktori yang Anda inginkan sebelum menyeret file di sana.
  9. Seperti FileZilla hasil untuk meng-upload file Anda ke situs Anda, Anda harus dapat melihat kemajuan upload di panel jendela paling bawah di FileZilla. Ketika upload selesai, Anda dapat memutuskan dari website Anda. Lakukan ini dengan mengklik "Server" menu diikuti oleh item "Disconnect".


Selamat! Anda telah berhasil mengunggah file ke situs web Anda menggunakan klien FTP, FileZilla.

No comments:

Post a Comment