Tips Cara Memegang Camera

Hal yang paling dasar dalam fotografi adalah mengetahui cara memegang kamera dengan benar, mungkin anda kira ini adalah masalah sepele, tapi jangan anggap remeh teknik memegang kamera ini, karena cara memagang kamera terkadang menentukan hasil "jepretan" anda.
Sebenarnya mengetahui cara memegang kamera dengan betul adalah salah satu basic photografi yang perlu kita tahu.
  • Cara standar adalah, tangan kanan memegang sisi pegangan kamera dan tangan kiri di leher lensa. Tapi posisi tangan kiri tersebut sepertinya bukan pakem lagi. Bukan apa-apa, sekarang men-fokus obyek bisa (ada pilihan) tidak manual lagi. Tapi autofokus. Tinggal pindah-pindahkan kotak atau titik fokus (dengan menggunakan jempol kanan) yang tampak di dalam lubang bidik. Jadi, ada kebebasan bagi tangan kiri. Bisa tetap di posisi leher lensa, di ujung lensa, atau di bodi kamera. Yang penting adalah kamera stabil walau dari cara pegang itu kelihatan aneh.
  • Bentuk atau desain kamera juga beda-beda. Setidaknya antara poket, DSLR, hingga kamera medium format yang melegenda, seperti Hasselblad, Mamiya, dan PhaseOne. Apalagi kalau DSLR menggunakan ‘housing’ anti air, cara pegangnya amat berbeda dengan cara pegang kamera. Lebih mirip pegang stir kendali pesawat terbang. Pada gilirannya, teknik memegang juga beda. Sekali lagi, kamera stabil dan si pengoperasi merasa enak akan cara pegang demikian.
  • Ukuran panjang lensa juga sedikit banyak mempengaruhi. Lensa ukuran pendek, seperti 35mm hampir tak perlu lagi tangan kiri di leher lensa. Bagi saya pribadi, malah agak mengganggu. Jadi tangan di body kamera saja. Tapi beda bila memegang lensa panjang (tele). Karena berat, tangan kiri harus menahan beban lensa tersebut. Sekaligus mengoperasikan jarak ‘jauh-dekat’ obyek.
  • Fix tidaknya lensa juga demikian. Lensa fix kan tak perlu diubah-ubah lagi ‘jauh-dekat’ obyek. Beda dengan lensa zoom, sebab bagaimana pun operasional zoom membutuhkan operasional manual. Tidak seperti ketika fokus, yang caranya pencet saja ‘dengan perasaan’ tombol shutter-nya.
  • Terakhir, agar cara pegang lebih mantap, anda harus hafal lokasi tombol-tombol kecil di balik atau di atas tubuh kamera ketika kamera persis/sedang menempel di muka. Sedikit banyak itu mempengaruhi teknik memegang secara umum.

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete